Thursday, July 19, 2012

Jogja-Klaten


Hari ini saia mau cerita tentang perjalanan ke Jogja-Klaten…berangkat hari Kamis malam tanggal 12 Juli 2012 jam 20.20 dari Stasiun Senen. Hampir aja ketinggalan kereta karena sebelumnya mau beli makanan dulu, tapi karena si penjual kayaknya cuek bebek dan ga niat jualan (sebel banget ama pedagang yang kayak gini, kesannya seperti hanya dia doank kali ya yang dagang, meskipun kenyataannya emang gitu…cuman dia doank yang dagang, lainnya pada udah tutup…)

Di kereta, suasana sih penuh ya tapi ga ada yang berdiri2 seperti dulu waktu mau ke Jember…perginya bertiga tapi tempat duduknya terpisah….mana tempat duduknya ga bisa dimodifikasi, pegel beut dah…dan untungnya jam 6 pagi keesokan harinya sampai di stasiun Tugu, Jogja…itu juga hampir kelewatan loh soalnya ga nyadar klo udah nyampe!!!

Dari stasiun jalanlah kami beriringan bertiga dan banyak yang nawarin naik becak. Setelah berjalan terus, akhirnya kami tertarik sama abang2 becak (mksdnya tertarik buat naik becaknya….) jadi, karena bertiga dan barang bawaan banyak, naiknya dua becak trus nyari2 hotel…waktu tiba di hotel yang dimaksud, ternyata udah full, trus si abang becaknya dengan baik hati nganterin buat nyari hotel lain dan ketemulah hotel itu…sejenak waktu melihat dari luar, saia merasa…koq hotelnya kyak gini ya…tapi mungkin emang begitu kali hotel di Jogja…akhirnya masuklah kami bertiga, sebelumnya si abang becak yang tau kami mau lanjut ke Klaten bilang : “ini no hp saya, kan katanya mau ke Klaten, nanti bisa hubungi saya, nanti saya jemput ke sini”…nama abang becaknya pak Supri…trus saia bilang “ok”.

Setelah dapat room no 03 (klo ga salah), kami bertiga masukin barang, ngecharge hp (klo saia berhubung batere masih ada dan colokan cuman 2 jd belakangan nge-chargenya), tidur2an, mandi dan jalaaaannnnnn…..

Pertama keluar dari hotel, mau cari makanan dulu dan setelah berjalan menyusuri jalan Malioboro itu, terlihatlah ada tulisan “pecel ayam” gitu…trus tanpa a i u e o, pesen pecel ayam, nasi sama air mineral…pertama di kasih nasinya, agak kurang selera juga…buseeet, terlihat lembek seperti bubur, untung wkt dimakan ga gitu eneg2 banget sih, trus pas liat pecel ayamnya dengan banyak kol…kayak kurang ok gt menurut saia..rasanya juga kurang mantep, pokoke ga seenak yang di jkt deh…dan pada saat mau bayar…jreng….jreng…jreng….buseeeettttt…mahal beutt, gile….kalah dah ibukota Jakarta tercinta….waktu temen minta daftar harga, dikasih daftarnya (awalnya cuman dikasih daftar menu tanpa harga)..bener2 kebohongan publik tingkat tinggi nih, ga mau lagi deh makan di situ lagi, udah sangat mahal, makanannya juga kurang enak….

Selanjutnya berjalan menyusuri jalan Malioboro, ditawari becak sama abang2 becak yang banyak berseliweran di mana2 dan memutuskan naik becak abang2 yang terpilih, sangat murah meriah ongkos becaknya untuk jalan2 ke berbagai pelosok, klo ga salah 4 tempat seperti tempat belanja2 khas daerah…setelah keliling2 beli oleh2 kami berencana untuk berangkat ke Prambanan dan turun di halte trans Jogja…

Trans Jogja ini kayak trans Jakarta, tapi lebih keren di sini sih…soale di sana bisnya lebih kecil dan haltenya sempit, hanya ada satu pintu masuk dan masuknya satu2…klo bole kritik, hmm, sori dori aja sih…petugasnya juga kurang sigap terkesan lambat banget, udah gitu pake acara ngomong2 jadi memperlambat pembelian tiket, trus kurang atraktif juga untuk ngembaliin kembalian atau bahasa kasarnya super duper lamban, selalu ga punya kembalian, beralasan ini itu supaya ngasih uang pas, alasan yang ga perlu penumpang lain tau…heran deh, koq petugas bisa omong kayak gitu ya, udah kayak klompencapir aja…pokoke, untuk pelayanan, Trans Jogja menurut saya kurang dah…(mungkin karena di Jakarta ga kayak gitu ya…)

Di trans Jogja ini juga sih terlihat ga kayak Jakarta juga yang heboh2 rebutan tempat duduk, klo disini lebih membumi lah istilahnya….yah, ada plus minus nya sih…singkat cerita setelah perjalanan yang panjang..sampailah kami di prambanan…belum sampe sebenernya, harus naik delman dulu lalu sampailah di prambanan. Bayar tiket masuk dan mulai menjelajah prambanan, foto sana sini, liat candi2 lain, naik kereta jalan2 menuju 3 candi lainnya dan akhirnya keluar dari wilayah prambanan. Sebelnya, di loket tertulis, klo wisatawan asing free klo lokal bayar…ya ampyuuunnn Indonesiakuuuuu, masa narik fee dari bangsa sendiri sih???? Lebih mengistimewakan orang asing daripada orang sendiri, seketika saia jadi kecewa dengan negaraku Indonesia tercinta….:( Makan dulu di luar dan terlihat harganya murah meriah (karena paginya tertipu dengan makanan kurang enak tapi sangat mahal). Saia pesan nasgor yang lainnya nasi soto. Saia tadinya nanya dulu itu soto pake santan apa bening, kata ibu2nya semuanya bening…jd saia lebih milih nasgor aja. Sebelumnya saia nanya, nasgor isinya apa aja, si ibu itu bilang, “kol, telur…” trus saia tanya, “boleh ga telornya diceplok” trus si ibu bilang “ok”.  Waktu makanan datang, saia liat soto teman dan berpikir “itu soto?? Kyaknya aernya doank dan isinya seiprit gitu….untung gw ga mesem soto!!!!”  datanglah nasgor pesanan saia dan seketika saia melihat ada yang kurang beres sama nih nasgor…warnanya coklat banget dan kyak basah gitu nandain kebanyakan kecap…telornya sih lumanyan beres lah….pas dimakan…ini nasgor manisnya ga keukur dah, udah gitu ada rasa2 asin…tiba2 saia ngerasa bener2 tertipu untuk kedua kalinya nih….pas bayar??? Ternyata tuh telor ceplok punya harga sendiri, et dah buset, koq gitu ya?? Udah nasgornya harganya lebih murah di Jkt, manis dan asinnya ga kebayang, eh si telor ternyata nambah biaya lagi….lah tadi kata si ibu nasgor pake telor n kol..lah ini kok jadi telornya nambah biaya nasgor??? Apa jadinya klo si nagor doank….bisa pingsan dah gw!!! Abis itu beli oleh2 yang harganya murah ketimbang waktu jalan2 pertama kali…lumayaan, tapi ada teman yang karena ga begitu perhatiin jadinya beli baju yang rada robek….weleh2

Setelah dari prambanan balik ke hotel, bergaya2 dan berheboh2 ria untuk menikmati Jogja di waktu malam…masih belanja belanji juga…makan2 dan tetep aja yang namanya makanan jawa itu manisnya ga ketulungan, jadinya meski mesen yang mie goreng pedes, teuteup lohhh manisnyaaaaaa…..!!!!

Sabtu pagi rencana mau ke gereja, tapi berhubung ga tau letak arahnya kemana dan dimana, jadinya ga gereja deh… Sabtu siang siap2 menuju Klaten dan ternyata ke sana hanya setengah jam naik kereta. ke Stasiun nelp pak Supri dan kayaknya dia rada kecewa gitu liat kami udah belanja2 tanpa menggunakan jasa dia. Sampai di sana dijemput dan singkat cerita Klaten itu sepiiii akan sarana wisata (mungkin karena udah malem), tapi namanya mobil, motor berseliweran sih…jangan ditanya…debu knalpot dimana2…Minggu siang naik bis menuju Jakarta dan sampai pagi hari jam 8 kurang…lama banget dari perkiraan jam 5 pagi…serunya..ngelewatin berbagai daerah di Jawa….dan berhubung Senin itu saia cuti, jadi bersantai2 deh di rumah…hehehehe

2 comments:

  1. oooh pantesan si laxmi nggak suka makan yang manis yahhhh, hati-hati loh lax ntar jodohnya orang jawa :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh,,,kan ga suka makanan manis, kok bisa jodohnya orang jawa??? :))

      Delete